Peningkatan Produksi Naupli Melalui Aplikasi Paprika (Capsicum annuum L.) Bubuk Pada Induk Jantan Udang Vaname (Litopeneaus vannamei)

Increasing Naupli Production Through The Application of Paprika (Capsicum annuum L.) Powder to Male Vaname Shrimp (Litopeneaus vannamei)

  • M. Zulfikhar Ardiansyah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • A. Haeratul Mulyana Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Juhaefa Juhaefa Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Hamja Hamka Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Iqbal Arifuddin Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Andriani Nasir Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: broodstock, nauplii, paprika powder, vaname shrimp

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembenihan udang vaname yaitu produksi naupli rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pemberian pakan bernutrisi pada induk. Pengkayaan nutrisi pada pakan dengan penambahan paprika bubuk dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas induk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efisiensi aplikasi paprika bubuk pada induk jantan dalam meningkatkan produksi naupli udang vaname. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu pemilihan induk, aklimatisasi, manajemen kualitas air, manajemen pakan, manajemen induk (ablasi, pemijahan, peneluran, penetasan, dan panen naupli). Pengumpulan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dengan teknisi lapangan, dan penelitian literatur. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa tingkat mating rate dan spawning rate induk udang vaname  yaitu 81,2%  dan  97,7%, dengan rata-rata produksi naupli yaitu 363.109 ekor naupli/ekor induk memijah/hari. Jumlah produksi naupli tersebut sangat tinggi, sehingga penggunaan paprika bubuk 5%/kg pakan cumi-cumi yang diberikan pada induk jantan sangat signifikan meningkatkan produksi naupli udang vaname.

Author Biographies

M. Zulfikhar Ardiansyah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa (prodi TBDP)

A. Haeratul Mulyana, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa (prodi TBDP)

Juhaefa Juhaefa, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa (Prodi TBDP)

Hamja Hamka, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa (Prodi TBDP)

Iqbal Arifuddin, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa (Prodi TBDP)

Published
2024-07-15
How to Cite
Ardiansyah, M., Mulyana, A., Juhaefa, J., Hamka, H., Arifuddin, I., & Nasir, A. (2024). Peningkatan Produksi Naupli Melalui Aplikasi Paprika (Capsicum annuum L.) Bubuk Pada Induk Jantan Udang Vaname (Litopeneaus vannamei). Lutjanus, 29(1), 12-20. https://doi.org/10.51978/jlpp.v29i1.814