Analisis Faktor Eksternal dan Internal Pemasaran Produk Stik Rumput Laut Koperasi Cahaya Onemelangka di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi
Analysis of External and Internal Factors Marketing of Onemelangka Light Cooperative Seaweed Stick Products in South Wangi-Wangi District, Wakatobi Regency
Abstract
Pendapatan terhadap usaha produk stik rumput laut Eucheuma cottoniii yang tidak menentu atau stabil sehingga terancam akan terjadi kemunduran usaha yang disebabkan keterlambatan atau tidak terjadinya pembaharuan dari segi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pemasaran produk stik rumput laut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan metode survei dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor eksternal peluang yang berpengaruh terhadap pemasaran produk stik rumput laut adalah masyarakat menyukai produk stik rumput laut, tingginya dukungan pemerintah untuk pengembangan usaha, peluang besar usaha untuk dikembangkan sedangkan faktor ancaman yang berpengaruh adalah produk mudah ditiru, tuntutan izin BPOM dan Label Halal, berdirinya pesaing yang memproduksi dalam jumlah dan rasa yang beragam. Selanjutnya faktor internal kekuatan yang paling berpengaruh adalah harga jual relatih stabil, tersedianya bahan baku yang mudah didapat, harga produk yang bersaing sedangkan faktor kelemahan adalah kemasan kurang menarik, produk tidak bervariasi, merek tidak sesuai.
Copyright (c) 2024 Lutjanus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.