Efektivitas Pemanfaatan Tepung Daun Kelor ( Moringa oleifera ) pada Pakan dengan Penambahan Probiotik untuk Meningkatkan pertumbuhan dan Sintasan pada Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L)

Effectiveness of Moringa Leaf Meal (Moringa oleifera) in Feed with the Addition of Probiotics to Increase Growth and Survival in Goldfish Fry (Cyprinus carpio L)

  • Markus Doa' Bamba Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Yuliadi Yuliadi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ahmad Ghufron Mustofa Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: goldfish, growth, moringa leaf flour

Abstract

Penambahan suplementasi daun kelor pada pakan diharapkan dapat meningkatkan nilai gizi dan efisiensi pemanfaatan pakan pada benih ikan mas. Penelitiaan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suplementasi tepung daun kelor dan probiotik kedalam pakan terhadap pertumbuhan dan sintasan pada benih ikan mas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan, sehingga diperoleh 9 unit percobaan. Pada perlakuan A (control), (tepung daun kelor 4% + probiotik 6 ml/kg pakan), B (tepung daun kelor 6% + probiotik 6 ml/kg pakan), dan C (tepung daun kelor 8% + probiotik 6 ml/kg pakan). Parameter yang diukur berupa pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, dan kelangsungan hidup (SR). Hasil penelitian ini menujukkan penambahan tepung daun kelor yang dikombinasikan dengan peobiotik pada pakan memberikan pengaruh nyata terhadap berat mutlak, panjang mutlak dan berpengaruh nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan mas dengan dosis optimum dalam memberikan pertumbuhan terbaik pada benih ikan mas adalah pada perlakuan C dengan dosis tepung daun kelor 8% dan probiotik 6 ml/kg pakan. Daun kelor adalah tanaman yang mengandung protein cukup tinggi untuk pertumbuhan serta mengandung flovanoid, saponin, dan vitamin A, B, dan C yang dapat memicu ketahan tubuh, dan probiotik dapat meningkatkan daya cerna pakan pada usus ikan, sehingga penyerapan nutrisi yang ada pada ikan dapat terserap sempurna.

Author Biographies

Markus Doa' Bamba, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Prodi Teknologi Pembenihan Ikan, Jurusan Budidaya Perikanan

Yuliadi Yuliadi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Prodi Teknologi Pembenihan Ikan, Jurusan Budidaya Perikanan

Ahmad Ghufron Mustofa, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Prodi Teknologi Pembenihan Ikan, Jurusan Budidaya Perikanan

Published
2024-01-19
How to Cite
Bamba, M., Yuliadi, Y., & Mustofa, A. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Tepung Daun Kelor ( Moringa oleifera ) pada Pakan dengan Penambahan Probiotik untuk Meningkatkan pertumbuhan dan Sintasan pada Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L). Lutjanus, 28(2), 89-95. https://doi.org/10.51978/jlpp.v28i2.618