Pemberian Larutan Daun Pepaya (Carica papaya) yang Berbeda Terhadap Ektoparasit Lintah (Zeylanicobdella sp) Pada Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus lanceolatus)

  • Wandika Wandika Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Hengky Irawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tengku Said Raza'i Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: cantang grouper, fish health, leeches, papaya leaves

Abstract

Kesehatan ikan yang baik menjadi faktor penting dalam target produksi dan penjualan tercapai. Kesehatan ikan dipengaruhi oleh penyakit yang menyerang pada tubuh ikan salah satunya yaitu ektoparasit yang menempel pada tubuh ikan seperti lintah zeylanicobdella yang menyebabkan ikan luka bahkan mati sehingga sering dikeluhkan oleh pembudidaya kerapu Cantang. Upaya yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan ikan dari serangan lintah zeylanicobdella adalah dengan melakukan perendaman menggunakan larutan daun pepaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan daun pepaya terhadap pelepasan lintah pada ikan kerapu Cantang dan mengetahui konsentrasi yang optimal untuk pelepasan lintah pada tubuh ikan kerapu Cantang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Mei 2022 di  bak pendederan D-Marine aquaculture, Kelurahan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau. Pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan 2 faktor, faktor pertama yaitu jenis air dan faktor kedua yaitu konsentrasi larutan daun pepaya. Parameter yang diamati yaitu intensitas lintah, lama waktu lintah lepas, kelangsungan hidup, perubahan tingkah laku ikan kerapu cantang dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian larutan daun pepaya berpengaruh terhadap pelepasan lintah pada tubuh ikan kerapu Cantang dan  dosis optimal daun pepaya 54.545,45 ppm air tawar pada perlakuan (K) untuk perendaman.

Author Biographies

Wandika Wandika, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Hengky Irawan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Tengku Said Raza'i, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Published
2023-06-28
How to Cite
Wandika, W., Irawan, H., & Raza’i, T. (2023). Pemberian Larutan Daun Pepaya (Carica papaya) yang Berbeda Terhadap Ektoparasit Lintah (Zeylanicobdella sp) Pada Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus lanceolatus). Lutjanus, 28(1), 40-47. https://doi.org/10.51978/jlpp.v28i1.511