Pemanfaatan Tepung Kulit Udang Difermentasi sebagai Substitusi Tepung Ikan terhadap Pertumbuhan Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii)

  • Daud Siswandi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tri Yulianto Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dwi Septiani Putri Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: fermentation, shell waste, feed, flour substitution, protein sources

Abstract

Permasalahan dalam budidaya ikan bawal bintang adalah pakan. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mencari bahan pengganti sebagai sumber protein hewani seperti memanfaatkan limbah kulit udang. Kulit udang masih memiliki kelemahan, yakni kandungan kitin yang cukup tinggi. untuk mengurangi kandungan kitin dilakukan dengan cara fermentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung ikan dengan tepung kulit udang difermentasi terhadap pertumbuhan ikan bawal bintang (Trachinotus blochii) dan persentase substitusi tepung ikan dengan tepung kulit udang difermentasi yang mampu menghasilkan pertumbuhan terbaik pada ikan bawal bintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap, terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan A: 100% tepung ikan (kontrol), Perlakuan B: 85% TI + 15% TKUDF, Perlakuan C: 80% TI + 20% TKUDF, Perlakuan D: 75% TI + 25% TKUDF. Hasil penelitian berbeda signifikan terhadap parameter efisiensi pakan pada perlakuan B sebesar 24.39% dan pertumbuhan bobot mutlak pada perlakuan B sebesar 14.02 g. Kesimpulan yang didapat pada penelitian yaitu Penggunaan tepung kulit udang difermentasi memberikan pengaruh pada pertumbuhan ikan bawal bintang dan Penggunaan tepung kulit udang difermentasi sebesar 15% memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan ikan bawal bintang.

Author Biographies

Daud Siswandi, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Tri Yulianto, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Dwi Septiani Putri, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Published
2023-06-04
How to Cite
Siswandi, D., Yulianto, T., & Putri, D. (2023). Pemanfaatan Tepung Kulit Udang Difermentasi sebagai Substitusi Tepung Ikan terhadap Pertumbuhan Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii). Lutjanus, 28(1), 1-7. https://doi.org/10.51978/jlpp.v28i1.506