Penggunaan Mesin Cabinet Dryer dengan Variasi Suhu untuk Meningkatkan Mutu Kimia Abon Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

  • Firdaus Firdaus Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Fardiansyah Fardiansyah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Kriswidianto Kriswidianto Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: Mujair, Cabinet Dryer, Chemical Quality, Abon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengetahui mutu kimia abon ikan mujair menggunakan cabinet dryer. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga kali ulangan. Variabel penelitian adalah suhu pengeringan, yaitu pengeringan pada suhu 50 oC, 60 oC dan tanpa pengeringan. Parameter yang diamati adalah rendemen, uji kadar air, kadar protein dan asam lemak bebas. Hasil penelitian menunjukkan Perlakuan suhu pengeringan 60oC merupakan perlakuan terbaik terhadap mutu abon ikan mujair dimana hasil rendemen 75,68 %, kadar air 7,49 %, kadar protein 66,02 % dan kadar asam lemak bebas 0,15 %.

Author Biographies

Firdaus Firdaus, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Pranata Laboratorium Pendidikan

Fardiansyah Fardiansyah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Pranata Laboratorium Pendidikan

Kriswidianto Kriswidianto, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Pranata Laboratorium Pendidikan

Published
2022-12-29
How to Cite
Firdaus, F., Fardiansyah, F., & Kriswidianto, K. (2022). Penggunaan Mesin Cabinet Dryer dengan Variasi Suhu untuk Meningkatkan Mutu Kimia Abon Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus). Lutjanus, 27(2), 64-70. Retrieved from https://ppnp.e-journal.id/lutjanus_PPNP/article/view/498