Manajemen alur proses produksi udang windu beku dengan metode Individual Quick Frozen di PT. Madsumaya Indo Seafood, Gresik

  • Siti Husnah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Yuliana Yuliana Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ratnawati Ratnawati Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: alur proses, udang windu, PDTO, IQF

Abstract

Produk udang beku merupakan produk olahan perikanan yang bernilai ekonomis dan tinggi akan gizi, sehingga banyak permintaan akan produk udang berupa udang segar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyaknya permintaan akan produk udang maka dari itu cara pengolahannya harus diperhatikan agar udang tidak mengalami kerusakan dan pembusukan pada saat pemenuhan permintaan konsumen. Salah satu cara pengolahan yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kualitas dan mutu udang adalah metode pembekuan. Udang windu dapat diolah menjadi produk beku jenis Peeled Deveined Tail On (PDTO) dengan metode pembekuan Individual Quick Frozen (IQF). Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  manajemen  alur  proses  produksi  udang windu  (Penaeus  monodon  Fabr.)  beku  dengan  metode  Individual  Quick  Frozen  (IQF). Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, partisipasi langsung di lapangan,  dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen alur proses produksi dalam pembekuan udang windu jenis PDTO dimulai dari penerimaan bahan baku, penanganan awal, sortir Head On (HO), Pemotongan Kepala (PK), penimbangan III, pencucian III, sortir Head Less (HL), pengecekan, pencucian IV, pengupasan, pencucian V, tiris, penimbangan IV, cek akhir,  pencucian  VI,  tiris,  penimbangan  V,  perendaman,  penimbangan  VI,  pembekuan dengan mesin IQF, penimbangan beku, penggelasan, pengemasan dan pelabelan sementara, penyimpanan beku, serta pelabelan dan pengepakan.

Author Biographies

Siti Husnah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Alumni Program Studi Agribisnis Perikanan

Yuliana Yuliana, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan

Ratnawati Ratnawati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan

References

Hadiwiyoto, S, 1993. Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Ilyas S. 1993. Teknologi Refrigerasi Hasil Perikanan Jilid I Teknik Pendinginan Ikan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta.

Intyas, C.A. dan Abidin, Z. 2018. Manajemen Agribisnis Perikanan. UB Press, Malang

Perdana, G. M. R. dan Sipahutar, Y. H. 2020. Penetapan dan Pengendalian Titik Kendali Kritis Histamin pada Pengolahan Tuna Steak beku (Thunnus sp.) di PT. Permata Marindo Indo jaya Muara Baru-Jakarta Utara. Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam, 1(1)

Purwaningsih S. 1995. Teknologi Pembekuan Udang. PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Putrisila, A. dan Sipatuhar, Y.H. 2021. Kelayakan Dasar Pengolahan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Nobashi Ebi Basic Feasibility of Processing Shrimp Vannamei (Litopenaeus vannamei) Nobashi Ebi. Jurnal Airaha, Vol.10, No.01 (June 2021):10-23

Rahmat, A., Patadjai A.B. dan Suwarjoyowirayatno. 2019. Studi kualitas fisika-kimia dan sensorik udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan perlakuan soaking time sebelum pembekuan. Jurnal Fish Protech. 2(1):46-58.

Sipahutar, Y. H., Suryanto, M. R., Ramli, H. K., Pratama, R. B. dan Panjaitan, T. F. 2020. Organoleptic Quality of Whiteleg Shrimp (Litopenaeus vannamei) Cultivated from Intensive and Traditional Pond at Bulukumba District, South Sulawesi. The 3rd International Symposium Marine and Fisheries (ISMF) 2020. https://doi.org/10.1088/1755-1315/564/1/012040.

Suryanto, M. R., dan Sipahutar, Y. H. 2020. Penerapan GMP dan SSOP pada Pengolahan Udang Putih (Litopenaeus vannamei) Peeled Deveined Tail On (PDTO) Masak Beku di Unit Pengolahan Ikan Banyuwangi. Prosiding Seminar Kelautan Dan Perikanan Ke VII P: 204–222.

Tasbih, M. 2017. Proses Pengolahan Udang Beku (Frozen Shrimp) Peeled and Deveined (PD) Dengan Metoda Pembekuan Individual Quick Frozen (IQF) Pada PT. Dua Putra Utama Makmur TBK Pati Jawa Tengah. Universitas Jambi, Jambi..

Undang-Undang Republik Indonesia No. 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan. http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/32.pdf. Diakses pada 21 Juli 2020.

Zulfikar, R. 2016. Cara Penanganan yang Baik Pengolahan Produk Hasil Perikanan Berupa Udang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 5(2) : 29-30.

Published
2021-01-25
How to Cite
Husnah, S., Yuliana, Y., & Ratnawati, R. (2021). Manajemen alur proses produksi udang windu beku dengan metode Individual Quick Frozen di PT. Madsumaya Indo Seafood, Gresik. Agrokompleks, 21(1), 40-47. https://doi.org/10.51978/japp.v21i1.331