Manajemen Rantai Pasok pada Produk Kopi (Studi Kasus: PT. Rolas Nusantara Mandiri Surabaya)
Supply chain management on coffee product (Case Study: PT. Rolas Nusantara Mandiri Surabaya)
Abstract
Persaingan bisnis di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor jasa, perdagangan, manufaktur, dan agroindustri saling bersaing untuk bertahan dan menjadi yang terbaik. Salah satu Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang mempunyai perkebunan kopi sendiri dan menyediakan bahan baku kopi setengah jadi adalah PTPN 12, bahan baku kopi setengah jadi tersebut kemudian diolah oleh anak perusahaannya yaitu PT. Rolas Nusantara Mandiri. Untuk meningkatkan kinerja manajemen rantai pasok, terlebih dahulu harus diidentifikasi manajemen rantai pasok perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manajemen rantai pasok produk kopi PT. RNM. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan data primer hasil wawancara terhadap 3 responden yaitu Kepala Divisi Pemasaran, Kepala Divisi Produksi, dan Kepala Divisi Akuntansi dan SDM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku arus barang, arus keuangan dan informasi mengenai produk kopi PT. RNM yaitu: a) Supplier yaitu PTPN 12, b) Manufacture yaitu PT. RNM, c) Retailer dan d) Konsumen akhir. Saluran pemasaran yang digunakan PT. RNM untuk mendistribusikan produk kopinya yaitu saluran pemsaran tingkat pertama. Aktivitas rantai pasok yang terjadi pada supplier, manufacture dan retailer berjalan dengan baik dan tanpa adanya hambatan yang berarti.
Copyright (c) 2024 Agrokompleks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.