Saluran dan bauran pemasaran produk makanan beku di era new normal

  • Abdullah Abdullah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Megawati Megawati Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Nur Alam Kasim Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: bauran pemasaran, makanan beku, new normal, saluran pemasaran

Abstract

Pemasaran produk makanan beku hasil pertanian/perikanan sangat baik dengan adanya peningkatan konsumsi produk per kapita dunia setiap tahun dan kebutuhan masyarakat akan hidup sehat, higienis dan praktis semakin tinggi. Namun, semenjak COVID-19 menjadi pandemi dunia, perilaku konsumen terhadap konsumsi produk makanan beku (frozen food) seperti ikan beku, daging beku, sayuran beku dan olahan hasil pertanian/perikanan beku berubah baik menyangkut saluran dan bauran pemasaran dalam menghadapi era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan bauran pemasaran produk usaha makanan beku di era new normal. Penentuan sampel daerah (Makassar, Maros dan kabupaten Gowa) dan responden secara purposive. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 % dari total pelaku usaha makanan beku (frozen food). Metode analisis yang digunakan yaitu: analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaan saluran pemasaran produk makanan beku hasil pertanian/perikanan terdiri dari 3 (tiga) saluran pemasaran. Penerapan bauran pemasaran usaha makanan beku di era new normal tetap menganut prinsip 4 P + 1 S yaitu: Produk (Product) , Harga (Price), Distribusi (Place), Promosi (Promotion) dan Layanan (Service). Penelitian ini menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan terkait peningkatan layanan dan strategi pemasaran produk makanan beku hasil pertanian/perikanan pasca pandemic covid-19 berakhir.

Author Biographies

Abdullah Abdullah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Megawati Megawati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Nur Alam Kasim, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Published
2023-07-22
How to Cite
Abdullah, A., Megawati, M., & Kasim, N. (2023). Saluran dan bauran pemasaran produk makanan beku di era new normal. Agrokompleks, 23(2), 158-164. https://doi.org/10.51978/japp.v23i2.647