Performa benih ikan mas (Cyprinus carpio) yang dipelihara pada tingkat kepadatan yang berbeda dengan media biofilter

  • Serlina Serlina Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Wahidah Wahidah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Dahlia Dahlia Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: ikan mas, kelangsungan hidup, pertumbuhan, tanaman air

Abstract

Padat penebaran yang berbeda pada media pemeliharaan dapat mempengaruhi kebugaran, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mas. Permasalahan yang berhubungan dengan padat penebaran benih ikan mas, dapat diminimalisir dengan sistem pemeliharaan benih ikan yang terintegrasi dengan tanaman biofilter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi padat penebaran yang optimal untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mas yang dipelihara pada media sistem biofilter. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dimana sebanyak 195 ekor benih ikan mas berukuran 2-3 cm, digunakan pada media biofilter jenis berisi air 30 L.  Setiap wadah diisi dengan tingkat padat penebaran yang berbeda, dimana perlakuan A, B, C dan D berturut-turut kepadatannya 10 ekor/30L air, 15 ekor/30L air, 20 ekor/30L air, dan 25 ekor/30L.  Setiap perlakuan terdiri 3 kali ulangan, sehingga terdapat 12 unit percobaan. Evaluasi pertumbuhan bobot mutlak, kelangsungan hidup dan panjang tanaman kangkung tidak berbeda nyata antar perlakuan (>0.05), sedangkan pertambahan panjang mutlak berbeda nyata antar perlakuan (<0.05). Perlakuan D menunjukan nila tertinggi pada pertumbuhan bobot mutlak (0.31 g), petambahan panjang mutlak (2.40 cm), dan kelangsungan hidup (81.33 %).  Nilai tertinggi pada panjang tanaman kangkung ditemui pada perlakuan B (55.33 cm).  Parameter kualitas air berada pada kisaran yang layak sebagai media hidup benih ikan mas.  Hasil penelitian menunjukan penggunaan tanaman kangkung sebagai biofilter pada media hidup benih ikan mas mendukung performa pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mas. 

Author Biographies

Serlina Serlina, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pembenihan Ikan

Wahidah Wahidah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Pembenihan Ikan

Dahlia Dahlia, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Pembenihan Ikan

References

DAFTAR PUSTAKA

Antonio. (2012). Pengaruh Padat Tebar yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelulus Hidupan Dari Lobster Stadia Juvenil (Panulirius spp). Jurnal.
Cahyoko, Y., Rezi, D.G., & Mukti, A.T. (2011). Pengaruh Pemberian Tepung Magot (Hermetia illucens) dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan, Efisiensi Pakan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 3 No. 2, November.
Diansari, R.R., Arini, E., & Elfitasari, T. (2013). Pengaruh Kepadatan Yang Berbeda. Kelulushidupan dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada Sistem Resirkulasi dengan Filter Zeolit. Journal of Aquaculture.
Effendie, M.I. (1997). Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta. Hlm. 47.
Fujaya, Y. (2004). Fisiologi Ikan. Rineke Cipta. Jakarta.
Kartamihardja, E.S., Purnomo, K., & Umar, C. (2007). Sumberdaya Perikanan Perairan Umum Indonesia-Terabaikan, bahan Presentasi Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan. Jakarta.
Marlina, E., & Rahkmawati. (2016). Kajian Kandungan Ammonia pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Menggunakan Teknologi Akuaponik Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke-V Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan.
Muchlisin, Z.A., Arisa, A.A., Abdullah, A., Fadli, N., Arisa, I.I., & Siti-Azizah, M.N. (2016). Growth Performance and Feed Utilization of Keureling (Tortambra) Fingerlings Fed A Formulated Diet With Different Doses of Vitamin E (Alphtocopherol). Jurnal Archives at Polish Fisheries, 23: 47-52.
Nugroho, R.A., Pambudi, L.T., Chilmawati, D., & Haditomo, A.H.C. (2012). Aplikasi Teknologi Aquaponic pada Budidaya Ikan Air Tawar untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi. Jurnal Saintek Perikanan. 8(1): 46-51.
Nursandi, J. (2018). Budidaya Ikan Dalam Ember “Budikdamber” dengan Aquaponik di Lahan Sempit. Prosiding Seminar Nasional PengembanganTeknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung 08 Oktober. ISBN 978- 602- 5730- 68- 9 halaman 129-136. http://jurnal. polinela.ac.id/index.php/ PROSIDING
Pudjirahaju, A., Rustidja, & Sumitro, S.B. (2008). Penelusuran Genotipe Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) Strain Punten Gynogenetik. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia, 1: 13-19.

Rini, D.S., Hasan, H., & Prasetio, E. (2018). Sistem Akuaponik dengan Jenis Tumbuhan yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Tengadak (Barbonymus scwanenfeldii). Jurnal Ruaya. 6(2): 14-20.
Samsundari, S., & Wirawan, G.A. (2013). Analisis Penerapan Biofilter Sistem Resirkulasi Terhadap Mutu Kualitas Air Budidaya Ikan Sidat (Anguila bicolor). Jurnal Gama, 8 (2): 86-97.
Widiastuti. I.M. (2009). Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup (Survival Rate) Ikan Mas (Cyprinus carpio) yang Dipelihara dalam Wadah Terkontrol dengan Padat Penebaran yang Berbeda. Media Litbang Sulteng 2 (2) : 126–130, Desember. ISSN: 1979 – 5971.
Published
2022-08-27
How to Cite
Serlina, S., Wahidah, W., & Dahlia, D. (2022). Performa benih ikan mas (Cyprinus carpio) yang dipelihara pada tingkat kepadatan yang berbeda dengan media biofilter. Agrokompleks, 22(2), 40-47. https://doi.org/10.51978/japp.v22i2.459