Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Prudential Life Assurance Kota Makassar

  • Mutmainna Mutmainna Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan
  • Tien Kumalasari Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan
  • Asriany Asriany Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan
Keywords: Reability, Assurance, Tangibles, Empaty dan Responsive, PT. Prudential Life Assurance

Abstract

Pentingnya rasa aman dan terjaminnya hidup di masa sekarang ini, menjadikan manfaat asuransi sangat penting dan besar artinya.  Beberapa manfaat yang ditimbulkan jika kita memiliki asuransi antara lain : a) Asuransi dapat menaikkan efesiensi dan kegiatan perusahaan, b)  Dapat memberikan rasa aman dan terjamin dalam menkjalankan usaha, c)  Asuransi cenderung ke arah perkiraan penilaian biaya yang layak, d) Asuransi merupakan dasar pertimbangan pemberian suatu kredit, e) Asuransi dapat mengurangi timbulnya kerugian-kerugian, f)  Asuransi merupakan alat untuk membentuk modal pendapatan atau harapan masa depan, dan g) Asuransi merupakan alat pembangunan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)  Kualitas pelayanan pada PT. Prudential Life Assurance Kota Makassar, 2) Kepuasan konsumen pada PT. Prudential Life Assurance Kota Makassar, 3) Pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Prudential Life Assurance Kota Makassar.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode  purposive atau metode penentuan lokasi secara langsung dengan pertimbangan bahwa Kota Makassar merupakan wilayah sentra konsumen atau nasabah PT. Prudential Life Assurance, sedangkan metode analisis data yang digunakan  adalah analisis regresi linier berganda, dimana variabel bebasnya adalah reliability, assurance, tangibles, empaty, dan responsive sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan nasabah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliable.  Pada uji hipotesis reability, assurance, tangibles, empaty dan responsive berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.  Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, bahwa kualitas layanan yang terdiri dari  reability, assurance, tangibles, empaty dan responsive memberikan nilai positif dan signifikan  terhadap kepuasan nasabah.  Artinya bahwa ke-5 indikator berpengaruh secara simultan terhadp kepuasan nasabah pada bisnis jasa asuransi PT. Prudential Life Assurance, Kota Makssar.

Author Biographies

Mutmainna Mutmainna, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan

Jurusan Agribisnis

Tien Kumalasari, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan

Jurusan Agribisnis

Asriany Asriany, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan

Jurusan Agribisnis

References

Margono, 2004. Jenis dan Contoh Simple Random Sampling. PT. Gramedia. Jakarta.
Purwosutjipto, 2016. Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Siyoto, 2015. Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Press Gremindo. Yogyakarta.
Sugiyono, 2001. Prosedur Simple Random Sampling. PT. Gramedia. Jakarta.
www.prudential.co.id. Sekilas PT. Prudential Life Assurance . Buku Pegangan Asuransi Indonesia. Jakarta.
Published
2020-11-02
How to Cite
Mutmainna, M., Kumalasari, T., & Asriany, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Prudential Life Assurance Kota Makassar. Agrokompleks, 20(2), 45-52. https://doi.org/10.51978/japp.v20i2.219