Eksploitasi dan Kekuasaan: Studi Kasus Penggunaan Sumberdaya Lahan di Desa Kampala Kabupaten Jeneponto

  • Alima Bachtiar Abdullahi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan
  • Nurman Ali Saiful Universitas Hasanuddin
  • Saleh S. Ali Universitas Hasanuddin
  • Eymal Demmallino Universitas Hasanuddin
Keywords: eksploitasi,, kekuasaan,, sumberdaya lahan,, pinggawa-sawi

Abstract

Pola hubungan masyarakat Jeneponto adalah pola hubungan pinggawa-sawi. Pinggawa adalah penguasa sumberdaya (Karaeng) dan sawi adalah orang yang tidak memiliki sumberdaya kecuali dirinya sendiri. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi sosial dalam struktur masyarakat lokal, serta untuk mengetahui sejauh mana struktur sosial tersebut mencerminkan adanya ekspoitasi kekuasaan pinggawa kepada sawinya. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2017 di Desa Kampala Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus.Pemilihan lokasi dilakukan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview diawali dengan Focuss Group Discussion didukung dengan observasi, data yang diperoleh dari instansi terkait, laporan penelitian, literatur, jurnal maupun karya ilmiah lainnya.Data divalidasi dengan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis dengan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi sosial antara pinggawa dan sawi  di Desa Kampala  adalah memiliki hubungan dekat secara emosional dan memiliki hubungan yang saling membutuhkan (ada ketergantungan) dalam kehidupan sosial budayanya. Struktur sosial tertinggi di Desa Kampala adalah Karaeng atau mereka yang memiliki garis keturunan kerajaan yang menjadi pemegang kekuasaan dan pengambil kebijakan. Ekspolitasi yang terjadi antara pinggawa dan sawi tidak dalam bentuk materi, akan tetapi dalam bentuk penggunaan kekuasaan oleh Karaeng yang dilakukan untuk tujuan popularitas, status maupun kepentingan politik kepada masyarakat pengguna lahan Karaeng (masyarakat wajib mengikuti semua yang diarahkan oleh Karaeng).

Author Biographies

Alima Bachtiar Abdullahi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan

Program Studi Agroindustri

Nurman Ali Saiful, Universitas Hasanuddin

Fakultas Pertanian

Saleh S. Ali, Universitas Hasanuddin

Fakultas Pertanian

Eymal Demmallino, Universitas Hasanuddin

Fakultas Pertanian

References

Ansgari, I. 2006. Dampak Perilaku Eksploitasi Terhadap Efisiensi dan Tingkat Kehidupan Petani Plasma PIR-SUS Kelapa Sawit.Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 4 No. 2/2006: 61-72.
Asis, P.H. 2017. Jeneponto: Masyarakat dan Kebudayaannya. (www.academia.edu/21452792/jeneponto_masyarakat_dan_kebudayaan). Diakses pada tanggal 29 Juli 2017.
Beilharz, P. (2016). Teori-teori Sosial. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
BPS. 2016. Kabupaten Jeneponto dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto, Jeneponto.
-------. 2015. Indikator Kesejahteraan Rakyat 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto, Jeneponto.
------. 2017.Kecamatan Arungkeke dalam Angka 2017.Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto, Jeneponto.
Burhanuddin, R. 2006. Pemberdayaan Petani Miskin di Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta.
Demmallino, E.B., 2017. Siratal Mustakim: Kajian dan Gagasan Transformasi Peradaban Kemaritiman di Negeri Bugis-Makassar Sulawesi Selatan. Makassar.
Denzim, N.K., Yvonna, S.L. 2009. Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Hakim, M. 2017.Resistance of Women “Karaeng” Culture in Marriage: A Case Study of The District Community Bangkala Jeneponto Indonesia.European Journal Research in Social Sciences.Vo. 5. 2017.
Hernawan, A. 2011.Hukum dan Kekuasaan dalam Hubungan Industrial.Mimbar Hukum Edisi Khusus, November 2011, Halaman 1-237
Lampe, M. 2015. Pinggawa-Sawi Nelayan Bugis-Makassar dalam Analisis Relasi Internal dan Ekstrenal.Jurnal Masyarakat dan Budaya, Volume 17 No.I Tahun2015.
Mahendra, A. 2014.Budaya Politik Patrimonialisme dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Jeneponto. Skripsi Universitas Hasanuddin, Makassar.
Mahmuda, E. dan Sugeng, H. 2014. Bargaining Position Petani dalam Menghadapi Tengkulak Jurnal Paradigma Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014.
Maliki, M. 2013. Buruh, Eksploitasi, dan Kesenjangan Kelas Ditinjau dalam Perspektif Marxisme. Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta.
Mirnawati. 2017. Simbol Karaeng Bagi Masyarakat Jeneponto(Kasus di Desa Bulo-Bulo Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto). Skripsi Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UniversitasHasanuddin, Makassar.
Mustafa, M.D. dan Andi, AA. 2017. Kajian Struktur Sosial Kelompok Nelayan Ikan Terbang di Kabupaten Takalar. Jurnal Perikanan dan Kelautan Volume 7 Nomor 1. Juni 2017 Halaman: 71-81.
Pranata, R. 2012. Pengertian dan Latar Belakang Teori Kekuasaan Menurut Para Ahli. (http://pengabdianqu.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-dan-latar-belakang-toeri.html. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2017.
Rakhmat, MA. 2017. Persoalan Eksploitasi Buruh dalam Pola-pola Hubungan dalam Pertanian Garam di Arungkeke.Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sulawesi Selatan, Makassar.
Published
2020-11-02
How to Cite
Bachtiar Abdullahi, A., Ali Saiful, N., S. Ali, S., & Demmallino, E. (2020). Eksploitasi dan Kekuasaan: Studi Kasus Penggunaan Sumberdaya Lahan di Desa Kampala Kabupaten Jeneponto. Agrokompleks, 20(2), 1-11. https://doi.org/10.51978/japp.v20i2.214