Analisis kinerja penyulingan minyak nilam sistem vakum terhadap jumlah bahan baku

  • Gusni Sushanti Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Andi Ridwan Makkulawu Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Karma Karma Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: minyak nilam, destilasi, konsumsi bahan bakar, sistem vakum, rendemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja alat penyulingan minyak nilam menggunakan sistem vakum terhadap jumlah bahan baku dengan membandingkan rendemen, laju distilat, jumlah bahan bakar yang digunakan, dan lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu dari proses penyulingan minyak nilam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancang Acak Lengkap yaitu jumlah bahan baku. Bahan baku yang digunakan berupa nilam kering. Penyulingan minyak nilam menggunakan kolom destilasi sistem vakum. Setiap kolom memiliki 3 perlakuan yaitu tanpa bahan baku, bahan baku 6 kg, dan bahan baku 7 kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyulingan terbaik diperoleh dari penyulingan nilam 6 kg dengan rendemen, laju distilat dan konsumsi bahan bakar berturut-turut adalah 5,22%, 3359 ml dan 902.878,56 kJ.

Author Biographies

Gusni Sushanti, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agroindustri

Andi Ridwan Makkulawu, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agroindustri

Karma Karma, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Jurusan Agribisnis

References

Halimah, Diana Pramifta Putri; Zetra, Yulfi (2011). Minyak Atsiri dari Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.) Melalui Metode Fermentasi dan Hidrodestilasi Serta Uji Bioaktfitasnya. Prosiding Tugas Akhir Semester Genap.
Subroto, Toto (2009). Budidaya dan Penyulingan Minyak Nilam. Bandung: PT Pribumi
Mekar. ISBN 978-979-9148-67-4.
Sudaryani, T. dan Sugiharti, E. 1998. Budidaya dan Penyulingan Nilam. Penebar Swadaya, Jakarta.
Wahyudi, Agus; Ermiati (2012). Proposal Pengembanagan Industri Minyak Nilam di Indonesia. Bunga Rampai Inovasi Tanaman Atsiri Indonesia.
Zuliansyah, H., Susilo, B., & HS, S. (2013). Uji Performa Penyulingan Tanaman Nilam (Pogostemon cablin,Benth) Menggunakan Boiler di Kabupaten Blitar. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis, 62-72.
Published
2019-01-30
How to Cite
Sushanti, G., Makkulawu, A. R., & Karma, K. (2019). Analisis kinerja penyulingan minyak nilam sistem vakum terhadap jumlah bahan baku. Agrokompleks, 19(1), 34-37. https://doi.org/10.51978/japp.v19i1.125