Identifikasi niche marketing produk jeroan sapi di Indonesia

  • Vidyahwati Tenrisanna Universitas Hasanuddin
  • Aslina Asnawi Universitas Hasanuddin
Keywords: impor, jeroan sapi, niche marketing, produksi dalam negeri

Abstract

Jeroan sapi secara luas telah dikonsumsi pada berbagai kelompok masyarakat di Indonesia. Berbagai hidangan masakan tradisional menggunakan jeroan sapi sebagai bahan utama seperti coto makassar, sop saudara, rendang, pallubasa, dan soto. Kebutuhan jeroan sapi di Indonesia masih harus dicukupi dengan produk impor dimana produksi dalam negeri belum mencukupi. Selain itu, peningkatan harga daging sapi dari tahun ke tahun menyebabkan konsumen memilih beralih untuk membeli jeroan sapi. Hal ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh produsen dan pedagang. Penting untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat agar konsumen dapat membeli jeroan sapi dengan kuantitas, kualitas dan atribut yang mereka inginkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi niche marketing atau ceruk pasar jeroan sapi di Indonesia dengan melihat strategi yang dapat diterapkan oleh pedagang dalam menjual produk jeroan sapi. Studi literatur khususnya tentang pasokan jeroan sapi, konsumsi dan niche marketing jeroan sapi digunakan dalam studi ini. Studi ini menunjukkan bahwa untuk pemasaran jeroan sapi di Indonesia perlu melihat latar belakang sosial ekonomi konsumen, budaya makanan lokal, dan preferensi konsumen khususnya kualitas, harga dan jenis jeroan sapi yang diinginkan.

Author Biographies

Vidyahwati Tenrisanna, Universitas Hasanuddin

Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan

Aslina Asnawi, Universitas Hasanuddin

Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan

References

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2017. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. In Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Goldstrand, R. 1988. Edible meat products: their production and importance to the meat industry. Advances in meat research (USA).
Goodwin, B. K., & Koudele, J. W. 1990. An analysis of consumer characteristics associated with the purchase of beef and pork variety meats. Southern Journal
of Agricultural Economics, 22(1): 87-94.
Hayes, D. J. 1989. Offal Trade in the United States and the European Community: Consumption Patterns, Valorization, Hormone Use, and Policy Projections. Agribusiness, 5(6): 633-655.
Kamenski, C., & Federation, U. M. E. 2006. Variety Meats Vital to Boosting US Beef Exports. Issues Update: 29-30.
Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 34/Permentan/Pk.210/7/2016 Tentang Pemasukan Karkas, Daging, Jeroan, dan/atau Olahannya ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia,. In Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Ed.). Jakarta.
Kotler, P. 2003. Marketing Management (11 ed.). NJ: Prentice-Hall, Upper Saddle River.
Kurt, S., & Zorba, Ö. 2007. Emulsion characteristics of beef and sheep offal. Journal of Muscle Foods, 18(2): 129-142.
Eat and Livestock Australia. 2017. Offal exports build: Meat and Livestock Australia.
Nakyinsige, K., Man, Y. C., Zulkifli, I., & Fatimah, A. 2012. Halal meat: A niche product in the food market. Paper presented at the 2nd International Conference on
Economics, Trade and Development IPEDR.
Parrish, E. D., Cassill, N. L., & Oxenham, W. 2006. Niche market strategy for a mature marketplace. Marketing Intelligence & Planning, 24(7): 694-707.
Quester, P. 2007. Consumer behaviour : implications for marketing strategy (5th edition. ed.): McGraw Hill Book Co Aust.
Rahmann, G., Ashworth, S., Boutonnet, J.-P., Brunori, G., & Papadopoulus, I. 2001. Opportunities and barriers for niche marketing of lamb in European LFAs based on consumer attitudes to product quality. Agrarwirtschaft, 50(5): 293-301.
Republika. 2009. 300 Warung Butuh 16 Ton Jeroan Sehari: Republika.
Scaria, K. J. 1989. Economics of animal by-products utilization. Rome: Food and Agriculture Organization of the United
Nations
Hani, D., & Chalasani, S. 1992. Exploiting niches using relationship marketing. Journal of consumer marketing, 9(3): 33-42.
Tenrisanna, V. 2015. Offal And Beef Demand In Indonesia and Australia’s Trade Prospects (A Case Study For Makassar City). Dissertation, University Of Southern Queensland, Toowoomba, Australia.
Tenrisanna, V., Mohammad, M. R., & Rasheda, K. 2016a. Beef and offal market in indonesia –evaluation of import trade policy. Asian Profile, 44(3): 199-208.
Tenrisanna, V., Mohammad, M. R., & Rasheda, K. 2016b. Factors Affecting Consumers' Willingness to Pay for Imported Offal in Indonesia: A Case Study for Makassar City. International Journal of Business and Economics, 15(2): 145-159.
Umberger, W. J., Feuz, D. M., Calkins, C. R., & Killinger‐Mann, K. 2002. US consumer preference and willingness‐to‐pay for domestic corn‐fed beef versus international grass‐fed beef measured through an experimental auction. Agribusiness, 18(4): 491-504.
Published
2019-01-30
How to Cite
Tenrisanna, V., & Asnawi, A. (2019). Identifikasi niche marketing produk jeroan sapi di Indonesia. Agrokompleks, 19(1), 27-33. https://doi.org/10.51978/japp.v19i1.124