Karakteristik dan pengaruh faktor-faktor produksi terhadap volume hasil produksi pada industri pengolahan hasil perkebunan di Kabupaten Kepulauan Selayar

  • Nur Laylah
Keywords: karakteristik, faktor-faktor produksi, industri, perkebunan, elastisitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik industri, elastisitas produksi dan pengaruh masing-masing faktor produksi terhadap volume hasil produksi pada industri pengolahan hasil perkebunan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Penggambaran karakteristik industri pengolahan hasil perkebunan dianalisis secara deskriptif, sedangkan pengukuran elastisitas produksi, tingkat skala hasil dan pengaruh faktor produksi terhadap volume hasil produksi menggunakan analisis kuantitatif dengan model fungsi produksi Cobb-Douglas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ciri industri pengolahan hasil perkebunan merupakan industri kecil, sebagian besarnya dikelola secara informal dengan menggunakan peralatan produksi yang relatif sederhana dan jangkauan pemasarannya yang masih terbatas. Jumlah elastisitas faktor-faktor produksi mencerminkan tingkat skala hasil yang meningkat kecuali pada industri kopra tingkat skala hasilnya menurun. Rasio nilai produksi marginal dengan harga masing-masing faktor produksi mengindikasikan bahwa penggunaan faktor-faktor produksi belum berjalan secara efisien. Oleh karena itu, untuk mencapai penggunaan faktor produksi yang efisien perlu dilakukan realokasi.

References

BPS Kabupaten Kepulauan Selayar, 2018. Kabupaten Kepulauan Selayar Dalam Angka. Selayar : Biro Pusat Statistik Kabupaten Kepulauan Selayar.
Koutsoyiannis, A. 1982. Modern Microeconomics, second edition, The Macmillan Press, LTD. London.
Paly, M.B. 1992. Efisiensi dan Produktifitas Perusahaan Negara Perkebunan Pabrik Gula (PNP-PG) di Sulawesi Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Rahmawati, A. 2005. Pengaruh Faktor-faktor Produksi Terhadap Peningkatan Produksi Rumput Laut Berbasis Agribisnis di Kabupaten Jeneponto. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Soekartawi. 2002. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Published
2019-06-27
How to Cite
Laylah, N. (2019). Karakteristik dan pengaruh faktor-faktor produksi terhadap volume hasil produksi pada industri pengolahan hasil perkebunan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Agrokompleks, 19(2), 20-26. https://doi.org/10.51978/japp.v19i2.108