Pelatihan Instagram untuk branding UMKM di Kecamatan Pondok Aren

Instagram training for MSME branding in Pondok Aren District

  • Hery Derajad WIjaya Universitas Mercu Buana, Jakarta
  • Diky Firdaus Universitas Mercu Buana, Jakarta
Keywords: branding, Instagram, pelatihan media sosial, UMKM

Abstract

Pertumbuhan pesat teknologi dan penggunaan media sosial telah menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis, khususnya untuk UMKM. Dalam menghadapi era digital ini, pelaku UMKM dituntut untuk berinovasi dan memanfaatkan platform online guna memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan keberlanjutan usaha mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah menjadi ruang virtual yang vital bagi berbagai jenis bisnis, memberikan peluang unik untuk memvisualisasikan produk atau jasa, berinteraksi dengan pelanggan, dan menciptakan kehadiran daring yang kuat. Kecamatan Pondok Aren, sebagai lanskap ekonomi yang heterogen dengan beragam jenis UMKM, menyadari perlunya dukungan dan pelatihan khusus agar para pelaku UMKM dapat bersaing secara lebih efektif dalam pasar digital. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren tentang potensi Instagram sebagai alat strategis dalam pemasaran dan branding. Metode pelaksanaan kegiatan difokuskan dalam penanganan permasalahan bersama mitra ekonomi produktif, dan mitra tidak produktif secara ekonomi/sosial serta partisipasi mitra. Hasil dari pelaksanaan kegiatan PKM ini menunjukkan peserta pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Instagram untuk branding. Peserta juga dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk membuat konten yang lebih menarik dan engaging, serta meningkatkan visibilitas dan branding UMKM mereka. Program ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka dalam membantu pelaku UMKM di Kecamatan Pondok Aren. Program PkM ini perlu dilanjutkan secara berkala untuk membantu lebih banyak UMKM di Kecamatan Pondok Aren dalam meningkatkan branding dan penjualan mereka melalui Instagram.

Author Biographies

Hery Derajad WIjaya, Universitas Mercu Buana, Jakarta

Fakultas  Ekonomi dan Bisnis

Diky Firdaus, Universitas Mercu Buana, Jakarta

Fakultas  Ekonomi dan Bisnis

Published
2024-06-20
How to Cite
WIjaya, H., & Firdaus, D. (2024). Pelatihan Instagram untuk branding UMKM di Kecamatan Pondok Aren. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 3(1), 45-54. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v3i1.825
Section
Articles