Pelatihan E- Marketing bagi UKM produk koral dan ikan hias di Kota Makassar

  • Sulkifli Sulkifli Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan https://orcid.org/0000-0002-0476-2462
  • Akmal Abdullah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Karma Karma Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: E-marketing, ikan hias, koral, pelatihan, UKM

Abstract

Selama ini UKM Produk Koral dan Ikan Hias mengalami beberapa permasalahan dalam mengembangkan usahanya. Diantaranya bahwa UKM Produk Koral dan Ikan Hias belum mempunyai media pemasaran digital, belum menampilkan konten produk yang menarik. Kegiatan Pengabdan ini diikuti oleh pelaku UKM yang bergerak dibidang perdagangan produk koral dan ikan hias yang berada di Kota Makassar. Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan dan pendampingan serta evaluasi pada awal dan akhir kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian ini terlihat pengetahuan dan ketrampilan para pelaku UKM yang bertambah setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan tentang E-Marketing, penerapan strategi pemasaran, pemilihan media yang tepat digunakan oleh pelaku UKM dalam mempromosikan, memasarkan produknya, serta cara mengembangkan bisnis melalui E-marketing.

Author Biographies

Sulkifli Sulkifli, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Akmal Abdullah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Karma Karma, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis

Published
2023-12-25
How to Cite
Sulkifli, S., Abdullah, A., & Karma, K. (2023). Pelatihan E- Marketing bagi UKM produk koral dan ikan hias di Kota Makassar. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 2(2), 57-65. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v2i2.713