Sosialisasi pemanfaatan teknologi mister untuk efektivitas panen rumput laut Kappaphycus alvarezii

  • Nur Alam Kasim Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Wahyuni Zam Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ilham Ilham Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Megawati Megawati Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: Kappaphycus alvarezii, sosialisasi, teknologi mister

Abstract

Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil rumput laut terbesar di Indonesia. Salah satu sentra produksi rumput laut di Sulawesi Selatan yaitu kabupaten Pangkep. Tingginya hasil produksi rumput laut dipengaruhi oleh efektivitas dan efisiensi pelaksanaan panen. Pemanfaatan teknologi yang dapat mengefektifkan pemanenan rumput laut sangat perlu dilakukan. Metode yang dilakukan adalah tatap muka, melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan. Para petani rumput laut di desa Manddale tersebut, mengikuti kegiatan pengabdian dengan antusias dan aktif. Kegiatan sosialisasi bersifat dua arah, sehingga peserta dapat melakukan diskusi jika ada hal yang kurang dimengerti atau atau hal yang perlu mendapatkan solusi terkait manfaat dati teknologi mister ini, bagi petani yang sudah pernah mencobanya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat khususnya para petani rumput laut terkait manfaat dan dampak teknologi mister sebagai teknologi tepat guna untuk efektivitas panen rumput laut Kappaphycus alvarezii.

Author Biographies

Nur Alam Kasim, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Agribisnis Perikanan

Wahyuni Zam, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Agribisnis Perikanan

Ilham Ilham, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Agribisnis Perikanan

Megawati Megawati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Agribisnis Perikanan

References

Badan Standardisasi Nasional [BSN]. (2017). Menggali Potensi Rumput Laut Sulawesi Selatan. Badan Standardisasi Nasional. http://www.bsn.go.id. Online. Diakses pada Tanggal 19 September 2022.
Food and Agriculture Organization [FAO]. (2018). The global status of seaweed production, trade and utilization. Globefish Research Programme. Volume 124. Food and Agriculture Organization of The United Nations. Rome.
Kementerian Kelautan dan Perikanan [KKP]. (2021). Kelautan dan Perikanan dalam Angka 2021. Jakarta: Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Kordi, G. H. (2011). Kiat Sukses Budidaya Rumput Laut Di Laut dan Tambak. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Rudi, Sam, S.M., & Suryani. (2020). Teknologi Mister (Mesin Seaweed Terapung); Upaya Efektivitas Panen Budidaya Rumput Laut Di Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian dan Penalaran, ISSN: 2355-3766, Universitas Muhammadiyah, Makassar.
Published
2022-11-30
How to Cite
Kasim, N. A., Zam, W., Ilham, I., & Megawati, M. (2022). Sosialisasi pemanfaatan teknologi mister untuk efektivitas panen rumput laut Kappaphycus alvarezii. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 1(2), 121-126. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v1i2.509
Section
Articles