Pembuatan pakan komplit (complete feed) batang pisang fermentasi di Desa Sumarrang, Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar

  • Ummul Masir Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Santi Santi Universitas Al Asyariah Mandar
  • Andi Fausiah Universitas Al Asyariah Mandar
  • Andi Tenri Bau Astuti Mahmud Universitas Al Asyariah Mandar
Keywords: batang pisang, fermentasi, pakan komplet, ruminansia

Abstract

Satu siklus masa panen tanaman pisang dapat menghasilkan buah, daun, dan bunga, sedangkan hasil sampingan berupa batang pisang. Limbah ini dapat dijadikan sebagai pakan ternak melalui proses fermentasi dan dipadukan pakan basal menjadi pakan komplit. Metode ini menjadi potensial dilakukan karena mampu menaikkan nilai ekonomi dan menekan biaya pembelian pakan pada peternak. Kegiatan PkM dilaksanakan di Desa Sumarrang yang dihadiri oleh warga setempat terdiri dari peternak dan petani. Metode pelaksanaan melalui sosialisasi, praktik, dan pembagian kuesioner kepada peserta. Hasil pengisian kuesioner memperlihatkan pemahaman peserta kegiatan sosialiasai pakan komplit fermentasi. Sebelum kegiatan dimulai (pretest) terdapat 20% peserta belum memahami pakan komplit dan 80% sudah memahami sedikit (sedang). Setelah dilakukan sosialisasi diperoleh hasil sebanyak 40% berpemahaman sedang dan 60% memahami dengan baik. Melalui kegiatan PkM ini mampu memberikan peningkatan pengetahuan kepada peserta dalam pembuatan dan pengaplikasian pakan komplit batang pisang terfermentasi. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan limbah pertanian sebaiknya dilaksanakan pada daerah-daerah yang memiliki potensi pertanian dan peternak yang tinggi supaya terjadi integrasi antara dua sektor.

Author Biographies

Ummul Masir, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Pakan Ternak

Santi Santi, Universitas Al Asyariah Mandar

Jurusan Peternakan

Andi Fausiah, Universitas Al Asyariah Mandar

Jurusan Peternakan

Andi Tenri Bau Astuti Mahmud, Universitas Al Asyariah Mandar

Jurusan Peternakan

References

Rizkiyah, M., & Agustina, D.K. (2016). Pemanfaatan fermentasi batang pisang (gedebog) sebagai pakan alternatif ternak kelinci. Maduranch, 1(1), 13-16.
Sutowo, I., Adelina, T., & Febrina, D. (2016). Kualitas nutrisi silase limbah pisang (batang dan bonggol) dan level molases yang berbeda sebagai pakan alternatif ternak ruminansia. Jurnal Peternakan, 13(2), 41-47.
Suwignyo, B. 2003. Penggunaan Complete Feed Berbasis Jerami Padi Fermentasi pada Sapi Australian Commercial Cross Terhadap Konsumsi Nutrien, Pertambahan Bobot Badan, dan Kualitas Karkas [Tesis]. Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Suwigyo, B., Agus, A., Utomo, R., Umami, N., Suhartanto, B., & Wulandari, C. (2016). Penggunaan fermentasi pakan komplet berbasis hijauan pakan dan jerami untuk pakan ruminansia. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 255-263.
Thiasari, N., & Setiyawan, A.H. (2016). Complete feed batang pisang terfermentasi dengan level protein berbeda terhadap kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan TDN secara in vitro. Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan, 26(2), 67-72.
Published
2022-05-16
How to Cite
Masir, U., Santi, S., Fausiah, A., & Mahmud, A. T. B. (2022). Pembuatan pakan komplit (complete feed) batang pisang fermentasi di Desa Sumarrang, Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v1i1.427
Section
Articles