Penyuluhan dan demonstrasi teknik penumbuhan Daphnia sp sebagai pakan alami pada pembesaran ikan nila (Oreochromis niloticus) pada Kelompok Tani Masse’re

  • Sri Wahidah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • A. Puspa Sari Idris Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Irfani Baga Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: pakan alami, teknik penumbuhan, pertumbuhan

Abstract

Pakan alami merupakan salah satu jenis pakan dasar dalam mempercepat pertumbuhan pada teknik pembesaran ikan nila. Daphnia sp. sebagai pakan alami ikan nila dapat tersedia di alam sehingga bisa diusahakan ketersediaannya namun bila kebutuhannya dalam jumlah yang besar dan terus menerus seiring dengan peningkatan usaha budidaya ikan air tawar maka dibutuhkan pengetahuan tentang teknik penyediaan pakan alami tersebut melalui teknik penumbuhannya.   Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan petani tentang jenis pakan alami yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ikan nila. Kegiatan  pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh kelompok tani Masse’re di Desa Bontolangkasa, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan bersama dosen sebagai pendamping kegiatan.  Tahapan yang dilakukan adalah sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan, demonstrasi inokulasi dan budidaya Daphnia sp. dalam wadah budidaya (bak kayu volume 300 liter).  Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan petani tambak dalam membudidayakan Daphnia sp. Selain itu hasil demonstrasi yang telah dilakukan oleh kelompok tani Masse’re memperlihatkan pertumbuhan populasi Daphnia sp. melimpah dan mencapai puncaknya setelah 7-11 hari dan mendapatkan respon yang cukup besar. Hal ini ditunjukkan dari minat dan pertanyaan yang diajukan petani tambak pada saat penyuluhan dan demonstrasi berlangsung.  Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, petani tambak semakin bertambah wawasannya tentang teknik penumbuhan pakan alami Daphnia sp. sebagai pakan alami dalam mempercepat pertumbuhan ikan.

Author Biographies

Sri Wahidah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Budidaya Perikanan, Jurusan Budidaya Perairan

A. Puspa Sari Idris, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Budidaya Perikanan, Jurusan Budidaya Perairan

Irfani Baga, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Budidaya Perikanan, Jurusan Budidaya Perairan

References

Silaban, A.K. (2018). Pengaruh Pemberian Pakan Alami (Tubifex sp, Daphnia sp, Infusoria) terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Larva Ikan Nila (Oreochromis niloticus). [Skripsi] Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Mokoginta, I., & Yusadi, D. (2003). Budidaya Pakan Alami Air Tawar (Budidaya Daphnia) Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Sulasingkin, D. (2003). Pengaruh Konsentrasi Ragi yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Populasi Daphnia sp. [Skripsi]. FPIK. IPB, Bogor.

Darmanto, Satyani, D., Putra, A., Chumaidi, & Rochjat D, R. (2000). Budidaya Pakan Alami untuk Benih Ikan Air Tawar. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian, Jakarta.

Published
2022-05-31
How to Cite
Wahidah, S., Idris, A. P., & Baga, I. (2022). Penyuluhan dan demonstrasi teknik penumbuhan Daphnia sp sebagai pakan alami pada pembesaran ikan nila (Oreochromis niloticus) pada Kelompok Tani Masse’re. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 1(1), 44-50. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v1i1.394
Section
Articles