Pembuatan bakteri fotosintesis untuk aplikasi pada pertanaman kacang panjang

  • Basri Baba Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Asmawati Asmawati Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Nuhalisyah Nurhalisyah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Rendi Darwis Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Nober Padidi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: bakteri fotosintesis, aplikasi, kacang panjang

Abstract

Bakteri fotosintesis (Synechococcus sp) ini adalah merupakan salah satu jenis bakteri fotosintesis dari kelompok bakteri cyanobacteria, memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi dalam jaringan daun tanaman dan melakukan fotosintesis sekaligus mampu menambat nitrogen bebas di atmosfer. Bakteri fotosintesis ini dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman dan diperoleh dengan proses pembuatan dari bahan mudah dan murah didapatkan. Karang taruna, kelompok tani dan masyarakat umum di Desa Manggalung,  Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, sebagai mitra pengabdian pada masyarakat, semua memiliki lahan usaha tani diantaranya padi, jagung, kacang tanah, kacang panjang, dan kakao. Usaha yang selama ini dilakukan untuk meningkatkan produksinya adalah penggunaan pupuk anorganik tanpa diimbangi dengan penggunaan bahan organik. Hal ini perlu dilakukan pembelajaran (teori dan praktek) pada kelompok masyarakat tersebut untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan bahan organik yang murah dan ramah lingkungan. Salah satunya  penggunaan bakteri fotosintesis. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah menambah pengetahuan dan keterampilan petani pembuatan bakteri fotosintesis untuk dimanfaatkan pada tanaman yang dibudidayakan khususnya pada tanaman kacang panjang. Hasil pengabdian pada masyarakat di Desa Manggalung adalah bahwa kelompok mitra yang mengikuti kegiatan penyuluhan dan demplot meningkat pengetahuan dan keterampilannya dalam pembuatan dan aplikasi bakteri fotosintesis pada tanaman. Hal ini dibuktikan dengan minat dan keseriusan serta antusias peserta dalam memberikan respon  berupa banyak pertanyaan selama berlangsung penyuluhan dan demplot (praktek pembuatan dan praktik aplikasi) bakteri fotosintesis.

Author Biographies

Basri Baba, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Asmawati Asmawati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Nuhalisyah Nurhalisyah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Rendi Darwis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Nober Padidi, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

References

Anang, S., & Soedradjad, M. A. (2010). Aktivitas Nitrogenase Bintil Akar Pada Tanaman Kedelai (Glycine max. L) yang Berasosiasi dengan Bakteri Fotosintetik Synechococus sp. Laporan Hasil Penelitian Fundamental. Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Cahyono, B. (2003). Teknik dan Strategi Budidaya Sawi Hijau (Pai-Tsai). Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta.

Pranata, A. S. (2010). Meningkatkan hasil panen dengan pupuk organik. AgroMedia.

Setiawan, D. (2012). Pengaruh Aplikasi Bakteri Fotosintesis Synechococcus sp. Terhadap Karakter Fisiologis Yang Menunjang Pertumbuhan Awal Bibit Kakao (Theobroma cacao l.)[Tesis]. Program Studi Agronomi, Program Pascasarjana Universitas Jember.

Soedradjad, R., & Avivi, S. (2005). Efek aplikasi Synechococcus sp. pada daun dan pupuk NPK terhadap parameter agronomis kedelai. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 33(3): 1723.

Published
2022-05-31
How to Cite
Baba, B., Asmawati, A., Nurhalisyah, N., Darwis, R., & Padidi, N. (2022). Pembuatan bakteri fotosintesis untuk aplikasi pada pertanaman kacang panjang. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 1(1), 28-35. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v1i1.392
Section
Articles