Aplikasi jamur Trichoderma pada pembuatan Trichokompos dan pemanfaatannya

  • Junyah Leli Isnaini Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Syahruni Thamrin Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Asmaul Husnah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Nur Eliza Ramadhani Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: bercocok tanam, limbah organik, Trichoderma, Trichokompos

Abstract

Limbah organik di Kecamatan Bantimurung yang dihasilkan oleh ternak memiliki potensi yang cukup tinggi untuk dikembangkan menjadi pupuk kompos yang lebih lengkap dan mempunyai banyak manfaat dengan inovasi teknologi Trichoderma menjadi Trichokompos. Kegiatan pengabdian bertujuan agar petani dapat  mengetahui dan mempelajari pemanfaatan  limbah pertanian dalam bentuk pembuatan kompos multi manfaat dalam bentuk trichokompos. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan cara penyuluhan, demonstrasi langsung dan pelatihan oleh wakil-wakil kelompok sasaran. Hasil dari kegiatan ini: (1) mitra mengetahui pentingnya penggunaan teknologi Trichoderma dalam pembuatan Trichokompos, (2) mitra mampu memperbanyak trichoderma sendiri, 3) Mitra mampu memproduksi sendiri Trichokompos, 4) mitra terampil menerapkan Trichokompos secara mandiri dalam bercocok tanam sesuai SOP.

Author Biographies

Junyah Leli Isnaini, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Syahruni Thamrin, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Pengelolaan Perkebunan Kopi, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Asmaul Husnah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Nur Eliza Ramadhani, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Mahasiswa Prodi Pengelolaan Perkebunan Kopi, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

References

Dimyati. (2017). Pengelolaan Limbah Pertanian Terpadu. CV. Aksara Utama. Bandung.

Widiarto, E. (2015). Potensi, tantangan, dan peluang limbah pertanian di Indonesia. Makalah disampaikan pada Seminar Perhimpunan Masyarakat Peduli Lingkungan Indonesia. Gianyar, 20-21 Agustus 2015.

Cybex.pertanian.go.id. (2019). Manfaat dan Cara Membuat Tricho Kompos. Online. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/79773/Manfaat-Dan-Cara-Membuat-Tricho-Kompos/. Diakses tanggal 20-4-2021.

Johanis, J., & Eva, L (2018). Sosialisasi penggunaan Trichokompos di Desa Poopo Tengah dan Poopo Utara. Jurnal LPPM Bidang Sains dan Teknologi, 5(2), 96–102.

Rachmawati. (2015). Prospek limbah perkebunan di Kabupaten Konawe Utara. Prosiding Hasil Hasil Penelitian BPTP Kendari 2013-2014.

Sery, R. (2015). Pemanfaatan Limbah Pertanian Mendukung Surplus Pangan di Kabupaten Unaaha. Prosiding Hasil Hasil Penelitian BPTP Kendari 2013-2014.

Sujatna, I., Muchtar, R., & Banu, L.S. (2017). Pengaruh Trichokompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri (Apium graveolens l.) pada sistem wall garden. Jurnal Ilmiah Respati Pertanian, 11(2), 731–738.

Published
2022-05-31
How to Cite
Isnaini, J., Thamrin, S., Husnah, A., & Ramadhani, N. (2022). Aplikasi jamur Trichoderma pada pembuatan Trichokompos dan pemanfaatannya. JatiRenov: Jurnal Aplikasi Teknologi Rekayasa Dan Inovasi, 1(1), 58-63. https://doi.org/10.51978/jatirenov.v1i1.375
Section
Articles