Analisis distribusi dan margin pemasaran ayam broiler dengan pakan herbal di Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep

  • Aisyah Aisyah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Mihrani Mihrani Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Khaeriyah Nur Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: ayam broiler, pakan herbal, pola pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran

Abstract

Tataniaga membantu peternak dalam menyalurkan hasil ternaknya agar sampai kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk distribusi pemasaran ayam broiler yang menggunakan pakan herbal; mengukur dan manganalisis keuntungan dan margin yang diperoleh lembaga pemasaran ayam broiler; mengukur dan manganalisis efisiensi pemasaran ayam broiler dengan pakan herbal di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep. Penelitian dilaksanakan di beberapa tempat yang menjadi rantai tataniaga yaitu di peternakan/produsen (unit usaha program studi Agribisnis Peternakan kampus Politeknik Pertanian Negeri Pangkep), dan di pasar tradisional Kecamatan Mandalle selaku pedagang pasar/eceran. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2019. Metode yang digunakan yaitu analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif dan matematis. Analisis deskriptif dimaksudkan untuk menguraikan secara kualitatif bentuk distribusi pemasaran ayam broiler yang menggunakan pakan herbal. Analisis matematis dimaksudkan untuk menghitung secara kuantitatif margin pemasaran, keuntungan tiap lembaga pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa distribusi pemasaran yang terbentuk hanya terdapat satu rantai tataniaga yaitu Peternakan-Pedagang Eceran-Konsumen. Distribusi pemasaran ayam broiler dengan pakan herbal di Kecamatan Mandalle ini cukup baik, efisien dan diterima masyarakat setempat. Margin pemasaran yaitu Rp. 5.000 (bobot hidup), keuntungan lembaga pemasaran sebesar Rp. 4.130/ekor;  distribusi pemasaran dikategorikan efisien karena berada pada kisaran 0 – 33 % yaitu 1,934%.

Author Biographies

Aisyah Aisyah, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Peternakan

Mihrani Mihrani, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Peternakan

Khaeriyah Nur, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Program Studi Agribisnis Peternakan

References

Ali, I. 2014. Analisis margin pemasaran ternak sapi bali di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Peternakan. Universitas Gorontalo, Gorontalo.
Amalia, J A., Utami, H.D. dan Nugroho, B,A. 2013. Analisis pemasaran usaha ayam broiler skala kecil dan besar pada pola kemitraan PT Sinar Sarana Sentosa Malang. http://fapet.ub.ac.id/wp-content/uploads/ 2013/04/Analisis-Pemasaran-Usaha-Ayam-Broiler-Skala-Kecil-Dan-Besar-Pada-Pola-Kemitraan-PT-Sinar-Sarana-Sentosa-Malang.pdf. Online. Diakses April 2019.
Andhika, R., Hasnudi, dan Ginting, N. 2014. Pengaruh rantai tataniaga terhadap efisiensi pemasaran daging sapi di Kabupaten Karo. Jurnal Petenakan Integratif Vol. 3(2): 224 – 234.
Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Downey dan Erickson. 1992. Manajemen Agribisnis. Erlangga. Jakarta.
Hajar, D.S. 2016. Kajian Pola Saluran dan Efisiensi Pemasaran Ayam Sentul (Studi Kasus Di Kelompok Peternak Barokah Abadi Farm Kabupaten Ciamis). Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Bandung.
Hasanah, L, Suryadi, U, dan Widhijanto, W. 2017. Analisis saluran distribusi dan margin pemasaran telur itik di Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan Vol. 1(1):25-30.
Hutasoit, G.P.E., Taslim, dan Paturochman, M. 2017. Analisis pola saluran dan marjin pemasaran ayam buras (studi kasus pada peternakan ayam buras Jimmy’s Farm, Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat). Artikel Ilmiah. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, Bandung.
Mandak, Y., Rorimpandey, B., Waleleng, P.O.V. dan Oroh, F.N.S. 2017. Analisis margin pemasaran ayam broiler di pasar tradisional Kota Manado (Study kasus di Pasar Bersehati Calaca dan Pinasungkulan Karombasan). Jurnal Zootek Vol. 37(1):70-79.
Rais, F. 2013. Analisis Efisiensi Pemasaran Daging Sapi Di Pasar Sentral Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Peternakan. Universitas Gorontalo, Gorontalo.
Rasyaf, M. 1999. Memasarkan Hasil Peternakan. Penebar Swadaya. Jakarta.
Rosmawati, H. 2011. Analisis efisiensi pemasaran pisang produksi petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu . Jurnal Agronobis. Vol. 3 (5) : 1-9.
Soekartawi. 1997. Analisis Fungsi Produksi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang, UMM Press.
Tarigan, J.F. 2014. Analisis Tataniaga Ayam Broiler di Kecamatan Parung Kabupaten BogorJawa Barat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Thalib, F. 2013. Analisis margin pemasaran ayam pedaging di Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Universitas Gorontalo, Gorontalo.
Published
2020-01-30